Pengertian
E-Commerce
E-Commerce
atau disebut juga perdagangan elektronik merupakan aktivitas yang berkaitan
dengan pembelian, penjualan, pemasaran barang ataupun jasa dengan memanfaatkan
sistim elektronik seperti internet ataupun jaringan komputer.
E-commerce
juga melibatkan aktivitas yang berhubungan dengan proses transaksi elektronik
seperti transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistim pengolahan
data inventori yang dilakukan dengan sistim komputer ataupun jaringan komputer
dan lain sebagainya.
Dalam
teknologi informasi e-commerce dapat dikategorikan sebagai bagian dari
e-business dimana e-business memiliki cakupan yang lebih luas baik dari segi
aktivitas ataupun jenis jenis kegiatan yang dilakukannya.
Jenis E-Commerce
Ada beberapa jenis e-commerce yang
biasanya dilakukan banyak orang melalui media internet seperti di jelaskan di
bawah ini.
1.
E-Commerce Business To Business (B2B)
Jenis
e-commerce Business to Business atau B2B adalah bisnis yang dilakukan oleh
orang atau pihak yang saling memiliki kepentingan bisnis di dalamnya dimana
kedua belah pihak biasanya sudah saling mengenal dan saling mengetahui proses
bisnis yang mereka lakukan satu sama lain.
Biasanya
jenis bisnis B2B dilakukan secara berkelanjutan atau saling berlangganan,
transaksi ini dilakukan karena diantara kedua belah pihak saling menguntungkan
dan adanya kepercayaan satu sama lain.
Contoh
dari bisnis B2B adalah dua perusahaan yang saling mengadakan transaksi jual
beli atau supply barang yang dilakukan melalui transaksi online dari internet,
begitu juga dengan payment yang biasanya mereka lakukan yaitu dengan
menggunakan kredit card dari internet.
2.
E-Commerce Business To Consumer (B2C)
Jenis
E-Commerce B2C adalah jenis bisnis yang dilakukan antara pelaku bisnis dengan
konsumen, seperti antara produsen yang menjual dan menawarkan produknya ke
konsumen umum secara online. Disini pihak produsen akan melakukan bisnis dengan
menjual dan memasarkan produknya ke konsumen tanpa adanya feedback dari
konsumen untuk melakukan bisnis kembali kepada pihak produsen, yang artinya
produsen hanya menjual atau memasarkan produk ataupun jasanya dan pihak
konsumen hanya sebagai pemakai atau pembeli.
3.
E-Commerce C2C
Jenis
E-Commerce Consumen to Consumen dilakukan antara konsumen dengan konsumen,
sebagai contoh pelanggan dari sebuah produsen akan menjual kembali kepada
konsumsen lainnya.
4.
E-Commerce Consumen to Business (C2B)
Jenis
E-Commerce Consumen To Businses dilakukan oleh konsumen kepada para produsen
yang menjual produk ataupun jasanya, sebagai contoh konsumen akan
memberitahukan detail produk atau jasa yang dia inginkan melalui media internet
kepada para produsen, yang kemudian produsen yang mengetahui permitnaan
tersebut akan menawarkan produk atau jasa yang diinginkan oleh konsument
tersebut.
Manfaat E-Commerce
Beberapa
manfaat E-Commerce dapat kita lihat seperti berikut ini.
1. Mempermudah komunikasi antara konsumen dan produsen
2. Memperluas jangkauan calon konumsen dengan taget pasar yang
tidak terbatas
3. Mempermudah pemasaran dan promosi barang ataupun jasa.
4. Proses e-commerce lebih mudah untuk dilakukan baik untuk
menjual barang ataupun membeli.
5. Pembayaran atau payment yang mudah yang dapat dilakukan
secara online.
6. Penyebaran informasi yang begitu mudah untuk dilakukan
Keuntungan E-Commerce
Salah
satu keuntungan E-Commerce yang paling jelas kita lihat adalah untuk menjual
suatu produk ataupun jasa kita tidak perlu membutuhkan toko atau kantor besar
seperti yang dilakukan oleh bisnis manual sebagai tempat usaha, tapi cukup
dengan memanfaatkan internet maka kita bisa saja berjualan hanya dari rumah
saja dengan calon konsumen yang tidak terbatas, dengan kata lain konsumen anda
bisa saja mencakup keseluruh negara.
Dari
segi komunikasi tentu juga akan sangat menguntungkan karena antara konsumen dan
produsen dapat dengan mudah melakukan komunikasi secara online dari internet.
Baik dari segi pemasaran barang tentu akan lebih menguntungkan jika dilakukan
secara online, disamping anda tidak perlu membayar biaya promosi yang banyak
seperti promosi manual, tapi dengan layanan internet anda bisa saja melakukan
promosi produk ana ke seluruh dunia hanya dengan menggunakan internet yang
tentunya biayanya sangat murah.
Dampak Negatif E-Commerce
Disamping
banyaknya keuntungan atau sisi positif dari penggunan e-commerce tentu
e-commerce tak luput juga dari dampak negative yang bisa merugiakan konsumen
atau produsen. Dibawah ini di jelaskan beberapa dampak negative e-commerce.
1.Sering terjadinya penipuan saat berbelanja online di
internet antara konsumen dan penjual seperti barang yang dipesan konsumen telah
dibayarkan melalui e-transfer tapi barang tersebut tak kunjung di kirim dan di
terima oleh konsumsen, begitu juga sebaliknya terkadang terlalu percayanya
pihak penjual dengan mengirimkan barang terlebih dahulu dan pembayaran
dilakukan setelah pengiriman maka pembayaran yang ditunggu-tunggu penjual
kadang-kadang tidak diterima atau tidak dibayar.
2. Terjadinya scam atau penipuan dimana seseoarang bisa saja
menjual barang secara virtual yang hanya berebentuk informasi saja yang sengaja
dibuat utnuk menarik pihak pembeli, akan tetapi saat di lakukan pembelian dan
transfer uang, barang tersebut tidak ada.
3.
Terjadinya kejahatan seperti
carding, kasus ini sudah banyak terjadi dimana seseorang menggunakan kartu
kredit orang lain untuk beerbelanja di internet.
4.
Kejahatan semakin marak terjadi yang
biasanya dilakukan oleh mereka yang memiliki keahlian tinggi dalam ilmu komputer
dan jaringan internet seperti penyebaran virus/malware yang sengaja patartambunan.com/pengertian-e-commerce-manfaat-serta-keuntungan-e-commerce/untuk merusak sistim, ini terjadi akibat kurangnya undang-undang tentang
teknologi informasi.
Demikian
ulasan Pengertian E-Commerce, Manfaat Serta Keuntungan E-Commerce untuk
kita ketahui agar penggunaan e-commerce dapat dimanfaatkan untuk kepentingan
yang positif.
Sekian
artikel Pengertian E-Commerce, Manfaat Serta Keuntungan E-Commerce terimakasih
sudah berkunjung dan membaca artikel ini semoga bermanfaat.
Contoh E-Commerce.
Banyak sekali yang dapat kita lakukan melalui E-Commerce yaitu :
1. Pembelian buku melalui online.
2. Pembelian elektronik melalui online.
3. Pembelian kendaraan melalui online.
4. Pembelian pakaian melalui online, dll.
Banyak sekali yang dapat kita lakukan melalui E-Commerce yaitu :
1. Pembelian buku melalui online.
2. Pembelian elektronik melalui online.
3. Pembelian kendaraan melalui online.
4. Pembelian pakaian melalui online, dll.
www.patartambunan.com/pengertian-e-commerce-manfaat-serta-keuntungan-e-commerce/
https://unindrax1eione.wordpress.com/e-commerce/definisicontoh-dan-dampak-e-commerce/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar